CUSTOMER DRIVEN MARKETING STRATEGY MATERI WAJIB DIPELAJARI SAAT INI
Dijelaskan oleh Kayako, customer driven marketing strategy adalah strategi pemasaran yang menargetkan pada sejumlah pelanggan tertentu.
Jadi, nantinya produk yang dibuat bisa sesuai dengan
keinginan pelanggan sehingga mereka dapat merasa lebih puas saat menggunakan
produknya.
Strategi yang satu ini sangat efektif untuk menciptakan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi. Pasalnya, brand akan terlihat selalu peduli dengan kebutuhan para pelanggannya.
Dilansir dari Chron Small Business dan Help Chrunch, berikut
ini beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan saat menjalankan strategi
ini.
1. Menargetkan pasar yang tepat
Customer driven marketing strategy adalah strategi marketing yang efektif untuk menargetkan suatu segmen pasar tertentu.
Itulah mengapa, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu agar bisa menargetkan pelanggan yang tepat.
Semakin banyak informasi mengenai pelanggan, tentunya akan lebih memudahkanmu untuk membuat strategi pendekatan yang tepat.
2. Ketahui apa sebenarnya kebutuhan dari pelanggan
Strategi ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan dari pelanggan. Jadi, tentu saja diperlukan tenaga ekstra untuk mencari tahu apa sebenarnya yang mereka inginkan.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu kebutuhan dari pelanggan, misalnya dengan melakukan wawancara langsung atau dengan survei.
Hal itu berguna untuk memberikan peningkatanpada kualitas
produk atau layanan yang diberikan kepada pelanggan.
3. Perkuat customer service
Customer driven marketing strategy adalah strategi yang fokus pada pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memperkuat sektor customer service.
Jembatan antara pelanggan dan perusahaan adalah customer service. Jadi, saat pelanggan memiliki permasalahan dan keluhan maka customer service akan menjadi orang pertama yang mengetahuinya.
4. Gunakan strategi pemasaran dengan dibantu pelanggan
Salah satu keunggulan dari customer driven marketing strategy adalah pelanggan dapat memiliki hubungan emosional yang erat dengan brand.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk dan layanan sebuah brand pasti akan loyal dan mendukungnya dengan senang hati.
Mereka akan selalu merekomendasikan produk dari brand yang disukainya kepada keluarga dan teman-temannya.
Jadi, brand pun akan lebih dikenal dan menciptakan citra yang lebih positif karena memiliki banyak pelanggan yang loyal.
Itulah pembahasan mengenai customer driven marketing strategy serta 4 poin pentingnya yang mendukung pembahasan kali ini. Jadi sekilas materi ini masih harus diperdalam lagi untuk menjadi materi yang lengkap mengenai mencari informasi kebutuhan serta data diri konsumen agar kita bisa membuat produk yang relevan dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen kita.
Tidak ada komentar