Tempat Bersejarah Ketika Isro' Mi'roj di Masjid Al Aqsa Yerussalem (Palestina)


      Masyarakat islam atau yang lebih akrab kita kenal dengan sebutan umat Islam, pada umumnya pasti mafhum dengan tempat suci bagi setiap individu –individu muslim, misal kita lempar pertanyaan kepada mereka (muslimin) mana tempat-tempat suci bagi muslim, hampir seluruh muslim jawabannya mekah, medinah, dan yerusalem .

      Tempat yang menjadi rujukan tujuan plesiran rohani selain Mekah dengan Ka’bah yang merupakan tujuan utama dalam prosesi ritual Umrah dan Haji, dan Medinah yang menjadi tempat istirahat jasad dari ya Mustafa Muhammad, ada Masjid Al Aqsa.

      Khusus untuk Masjid Al Aqsa, tempat yang mempunyai nilai historis tinggi bagi perjalanan Islam di Jazirah Arab. Salah satu tempat yang pernah disinggahi Rasulullah Muhammad ketika menjalani peristiwa Isra’Mi’raj yang merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalam atau sekarang lebih di kenal Palestina peristiwa ini disebut dengan peristiwa ISRA’ yang kemudian perjalanan beliau lanjut dari Masjidil Aqsa ke Arsy dengan menunggangi Buroq dan peristiwa ini disebut MI’RAJ.

      Penjelasan diatas, betapa historisnya Masjidil Al Aqsa bagi Muslimin, selain mencatat peristiwa penting Isra’ Mi’raj , masjidil Al Aqsa menyimpan fakta-fakta sejarah lainnya beberapa di antaranya;

Makam Nabi-Nabi dan makam sahabat Nabi Muhammad

      Masjid Al Aqsa sampai saat ini menjadi tempat yang diperebutkan oleh Israel, yang diyakini sebagai tempat suci bagi Yahudi, di tempat ini diyakini menjadi pembaringan beberapa Jenazah para nabi-nabi terdahulu, salah satu yang diyakini adalah makamnya nabi Musa, nabi Sulaiman dan juga makam seorang sahabat era Rasulullah yaitu Salman Al farisi.
Pada tahun 117-138 disekitar masjid pernah dijadikan pembuangan sampah oleh bangsa romawi
      Peristiwa ini terjadi setelah bangsa romawi melakukan agresi dalam misi pembasmian pemberontak-pemberontak yahudi dan dibersihkan oleh khalifah Umar setelah khalifah Umar berhasil menaklukannya secara damai pada tahun 636.
Tempat pembantaian muslim oleh Tentara Salib
      Peristiwa keji ini terjadi saat tentara salib menyerang dan menguasai Al Aqsa untuk yang pertama kalinya, dan tidak hanya melakukan pembantaian muslim, tentara Salib juga mengalih fungsikan masjid Qibly yang letaknya bersebelahan dengan masjid Aqsa sebagai istana mereka.
Mimbar Salahuddin Alayyubi


      Mimbar megah yang berada masjidi Al Aqsa yang merupakan hasil karya estafet dari pembuat pertamanya yaitu seorang pahlawan bernama Nooruddin Zeng, mimbar yang dibuat oleh Nooruddin Zengi dalam menyatukan setiap konstruksinya tanpa menggunakan paku dan lem. Pembuatan mimbar ini sempat mangkrak karena yerussalem diserang oleh tentara Salib, dan selesai penggarapannya pada era Salahuddin Alayyubi yang merupakan salah satu murid dari Nooruddin Zeng. Tapi sayang pada tahun 1969 terjadi kebakaran di Masjid Al Aqsa yang menghanguskan masjid dan tak luput mimbar Salahuddin Alayyubi juga ikut terbakar.



Tempat Bersejarah Ketika Isro' Mi'roj di Masjid Al Aqsa Yerussalem (Palestina) Tempat Bersejarah Ketika Isro' Mi'roj di Masjid Al Aqsa Yerussalem (Palestina) Reviewed by Unknown on 4/24/2017 08:00:00 AM Rating: 5

2 komentar