4 Fakta Dampak Buruk Pada Fisik Dan Psikis Dari Sistem Belajar Kebut Semalam


      Bagi adek-adek, kakak-kakak, serta abang yang masih dalam proses belajar mulai dari SD sampai mahasiswa, sangat penting dan wajib kamu membaca artikel ini sampai selesai. Memang benar kata guru kita, belajarlah seitap hari agar kamu pandai, kalimat itu akan sering kita dengar di kebanyakan guru kita. Telah di temukan fakta bahwa dampak dari sistem kebut semalam sangat buruk terhadap kesehatan fisik dan psikis tubuh kita guys. Bahaya yang akan di hadapi tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. Secara nalar juga sangat tidak efektif jika belajar sekilas saja yang penting mempelajari semua isi buku, namun tingkat kepahaman tentang suatu buku atau pembahasan sangat minim sekali dan rawan banget kita lupa apa yang telah kita pelajari. Maka dari itu baca hingga tuntas pembahasan ini.

      Nah, sekarang kita langsung saja, apa saja fakta yang telah di temukan dari sebuah penelitian sistem kebut semalam yang sering dilakukan, kebanyakan siswa atau mahasiswa yang mendekati ujian akhir. Mereka tidak mau hasil dari ujian jelek. Perlu di pahami, nilai yang kamu dapatkan bukan dari hasil ujian, tapi itu merupakan hasil belajarmu selama kamu berada di sekolah maupun di bangku perkuliahan. Jadi nilai menentukan bagaimana kamu belajar bukan bagaimana kamu mengerjakan soal ujian. “tapi yang di nilai kan soal ujian?” pertanyaan seperti ini sering saya jumpai saat menerangkan ke orang-orang. Saya balik bertanya “Dari mana anda bisa mengerjakan soal ujian tanpa belajar?”. Oke cukup, sekarang kita bahas seperti apa faktanya.

1.   Kekurangan protein pada otak
      Kenapa bisa? Bagaimana jika setiap hari makan yang mengandung protein otak lebih banyak? Meskipun seperti itu sangat minim kemungkinannya untuk berhasil mendapat nilai “A”. tahu kenapa? Saat malam hari itu adalah waktu kita untuk tidur. Berikan waktu unutuk tubuh kita istirahat cukup untuk tubuh kita. Saat tertidur otak memproduksi protein, ada salah satu protein yang di produksi ketika tidur. Karena sibuk dengan lembur belajar semalaman, otak tidak bisa memproduksi protein penting yang akan digunakan saat berpikir.

baca juga :Ibu Bapak!!! Jangan mudah marah jika kalian tidak mau anakmu jadi begini

2.    Kepanikan otak (Otak kaget)
      Otak bukan mesin, bahkan mesinpun perlu istirahat. Otak yang sering di gunakan untuk belajar akan menjadi panic atau tegang. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya gangguan memori pada otak. Hal ini akan menyebabkan sulitnya otak menerima rangsangan dari luar.

3.   Memicu produksi hormon kortisol berlebih
      Belajar hingga larut malam akan menyebabkan produksi hormon krostisol secara berlebih. Hormon ini juga disebut dengan hormone stress pada otak yang menyebabkan tingkat stress semakin tinggi.

4.  SKS menyebabkan konsentrasi menurun
     Belajar SKS secara berlebih sangat tidak baik. Hal itu akan menyebabkan tingkat kecemasan seseorang meningkat drastis. Sehingga akan terjadi kurangnya konsentrasi, gelisah, sistem kekebalan tubuh menurun yang berakibat pada sakit, dan munculnya insomnia.

      Para kendilovers sudah mengertikan? Sekarang tinggal kalian pilih sendiri, seperti apa sistem belajar yang baik untuk menghasilkan nilai sempurna dan tentunya meningkatkan mutu manusia saat terjun ke masyarakat. 

      Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, kita sambung lagi di artikel berikutnya. Salam sahabat kendi. Semoga bermanfaat.


by : Ubet
4 Fakta Dampak Buruk Pada Fisik Dan Psikis Dari Sistem Belajar Kebut Semalam 4 Fakta Dampak Buruk Pada Fisik Dan Psikis Dari Sistem Belajar Kebut Semalam Reviewed by Ubed on 2/21/2017 09:12:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar