Bahas Tuntas KH. Abdul Wahab Chasbulloh Untuk Negara Indonesia

Kiai Abdul Wahab Hasbullah dari NU untuk Indonesia

      Selain kiai Hasyim ‘Asyari di NU juga kenal seorang Kiai yang punya jasa besar bagi berdiri dan bergeraknya roda organisasi yang berlambangkan sembilan bintang, beliau adalah Kiai Abdul Wahab Hasbullah. Seorang kiai yang lahir dari pasangan Kiai Hasbullah dan Nyai Latifah, pada Maret 1888 di Tambak Beras Jombang. Kiai Wahab sudah berkiprah diperpolitikan nasional sejak masa pergerakan sampai masa merebut kemerdekaan, dan era presiden Soekarno serta presiden Soeharto.

Baca juga artikel ini : Peran Kyai Hasyim ‘AsyariKyai Hasyim ‘Asyari Terhadap Kemerdekaan Indonesia

      Kiai Wahab oleh Kiai Kholil disebutnya sebagai “macan” karena keberaniannya menghadapi musuh dengan tangan kosong dan juga keberanian beliau berkelahi dikancah perpolitikan. Banyak organisasi yang lahir dari tangan dingin beliau, diantaranya Sarekat Islam (SI), kelompok diskusi Tashwirul Afkarm Nadlatul Wathan dan Nadlatul Tujjar yang semua itu merupakan cikal bakal berdirinya organisasi terbesar di dunia saat ini yaitu Nadlatul ‘Ulama (NU).

      Pada masa peristiwa 10 Nopember 1945, Kiai Wahab Hasbullah bersama kiai Bisri Syansuri, Kiai Hasyim ‘Asyari dan mbah Abas Buntet Cirebon (sumber : Cucu Kiai Wahab) para Kiai bekumpul dan mengerahkan seluruh Hizib-Hizib yang dimiliki untuk melawan tentara NICA yang bersenjata lengkap dan canggih.ketika Hadratusyaikh ditangkap dan ditawan oleh Jepang pada bulan April-Mei tahun 1942,yang di latar belakangi oleh pelarangan keras Kiai Hasyim ‘Asyari kepada para santrinya untuk saikere. Kiai Wahab dan putra Kiai Hasyim yakni Kiai Wahid dan juga para ulama lain memperjuangkan kebebasan Kiai Hasyim ‘Asyari .

      Karya-karya Kiai Wahab Hasbullah sangat identik dengan nama WATHAN yang mempunyai arti Tanah Air, karena itu merupakan wujud cita-cita Kiai wahab untuk membangun semangat cinta tanah air.


by : Rochmad
Bahas Tuntas KH. Abdul Wahab Chasbulloh Untuk Negara Indonesia Bahas Tuntas KH. Abdul Wahab Chasbulloh Untuk Negara Indonesia Reviewed by Ubed on 2/20/2017 08:43:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar