Mengenal 4 Ragam Budaya di Kalimantan Yang Membuat Orang Penasaran


      Kalimantan merupakan salah satu pulau yang besar di Indonesia. Pulau ini memiliki keragaman budaya serta aneka makhluk yang menjadi sorotan banyak orang di tanah Kalimantan. Pulau yang memiliki suku terkenal yakni suku dayak sudah melegenda di penjuru nusantara. Pulau ini sangatlah luas hingga terbagi dalam beberapa provinsi. Namun nama Kalimantan belum diketrahui secara jelas seperti apa asal usulnya. Ada literatur yang membahas nama pulau Kalimantan bahwa berasal dari Bahasa sansekerta “Kalamanthana” yang berarti pulau yang sangat panas. Meskipun nama Kalimantan belum di ketahui, namun Kalimantan juga memiliki tonggak sejarah yang mengagumkan loo. Di mulai dari kerajaan Singasari yang menyebutnya sebagai “Bakalapura” yang kemudian bertransformasi ke Bahasa melayu “Tanjungpura”. Sebutan “nusa kencana” dari naskah Jawa Kuno, sampai “ Ujung Tanah” sebutan dari naskah kunoMelayu. Banyak sejarah yang terdapat di Kalimantan, di antaranya 4 ragam budaya di Kalimantan yang membuat orang penasaran ini.

1.   Rumah adat

      Memang rumah di sana unik sekali, memiliki bentuk yang unik menjadikan penasaran banyak orang mengapa membuat rumah seperti itu? Rumah adat di Kalimantan disebut dengan “Rumah Betang” kebanyakan rumah betang ini di diami oleh para suku dayak yang banyak ditemui di sana.bentuknya memanjang dengan bagian hulu searah dengan matahari terbit dan hilirnya searah dengan matahari terbenam.

Baca juga : Ketahuilah Makna dari Tahi Lalat

2.   Tarian

      Tarian di setiap daerah pasti berbeda-beda sesuai dengan adat yang ada di sana. Di kaimantan pun juga banyak terdapat tarian daeras setempat yang sangat kental dengan unsur kebudayaan mereka. Ada banyak tarian yang terdapat di tanah Kalimantan ini, diantaranya tarian baksa kembang, tari tambun sungai, tari baleen dadas, tari gong, dan tari perang. Tentunya masing-masing tarian ini memiliki ciri khas yang unik sehingga membuat orang selalu penasaran untuk melihatnya.

3.   Senjata


      Sisa sejarah Kalimantan menghasilkan senjata yang amat sakti dan masih memiliki unsur magis yang sangat kuat. salah satunya ada senjata Mandau yang terkenal saktinya. Biasanya digunakan untuk ritual adat seperti perang, pengayauan(pemenggalan kepala musuh), perlengkapan tarian adat, dan perlengkapan upacara adat. Mandau di percaya akan bertambah kesaktiannya jika semakin banyak kepala yang di penggal olehnya.  Dengan berkembangnya zaman, sekarang Mandau hanya digunakan untuk berburu, memangkas semak, dan sebagai hiasan dinding saja.

4.   Suku

      Selain asal usul yang panjang di pulau Kalimantan, juga terdapat banyak suku yang menghuni pulau besar ini. Tidak hanya suku dayak yang sudah dikenal banyak masyarakat. Banyak suku lainnya yang dari dulu menghuni pulau Kalimantan yang berasal dari aneka rumpun juga. Suku-suku tersebut diantaranya:
- Suku kutai
- Suku banjar
- Suku berau
- Suku bajau
- Suku paser
- Suku tunjung
- Suku benuaq
- Suku bentiaq
- Suku bukat
- Suku busang
- Suku ohong
- Suku penihing
- Suku punan
- Suku modang
- Suku basap
- Suku punan sului
- Suku punan beketan
- Suku punan murut
- Suku badeng
- Suku bakung
-      Suku merab
- Suku wehea
- Suku kenyah
- Suku kayan
- Suku umaq
- Suku lapo

      Begitu beragam budaya yang ada disana sehingga ke 4 ragam budaya di Kalimantan yang membuat orang penasaran selalu di cari dan di gali sejarahnya seperti apa? Iangat kawan, lestarikanlah budaya bangsa. Jangan sampai budaya ini hanya tinggal kenangan di pigura dinding rumah kalian.

by : Ubet
Mengenal 4 Ragam Budaya di Kalimantan Yang Membuat Orang Penasaran Mengenal 4 Ragam Budaya di Kalimantan Yang Membuat Orang Penasaran Reviewed by Ubed on 3/16/2017 01:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar