Ketenangan Bukan Sekedar Kesenangan


      Berbicara tentang batin kita yang selalu meminta diri kita untuk bahagia dan tenang dalam hidup sehari-hari. Hal itu sangat mustahil karena ketenangan bukan sekedar kesenangan. Jika kesenangan bisa di wujudkan maka belum tentu ketenangan itu bisa selalu ada di samping kesenangan. Coba rasakan sendiri dalam diri anda, apakah anda merasa tenang ketika merasa senang? saya yakin tidak 100% hal itu di benarkan, karena ketika anda merasa gundah dan gelisah karena banyak tekanan dan masalah yang timbul dalam kehidupan anda, maka sesenang apapun ekspresi kita akan di selimuti kegundahan, maka dari itu sangat perlu di pahamkan arti "ketenangan" itu sendiri.

      Banyak orang terutama para kaum anak muda yang sering kali merasa galau, maka mereka tidak akan merasakan ketenangan dalam hidupnya. Sebahagia apapun kalian, tetap saja akan merasakan gundah dan gelisah. Lantas bagaimana cara menyikapinya agar hidup ini selalu merasa tenang? Jika masih bisa bertanya seperti itu berarti kita masih belum mengerti arti kehidupan dengan detil, karena sesungguhnya masalah akan selalu ada dan ada selamanya. Tidak akan ada habisnya.

      Hidup adalah pilihan, itu memang benar, Hidup adalah perjuangan, ini juga benar. Untuk mencapai titik tenang sangat di butuhkan pilihan yang tepat dan perjuangan yang kuat dari dalam diri masing-masing. Siklus kehidupan akan selalu berjalan, namun belum tentu siklus kehidupan si A dan si B akan sejalan. maka dari itu timbulah keresahan yang akan menuju ke sebuah konflik sosial dalam kehidupan kita nantinya, mangapa? karena yang tidak sejalan pasti akan menimbulkan gesekan atau perselisihan yang jika tidak di tangani dengan baik akan menyebabkan konflik sosial. Banyak contohnya seperti kasus yang sedang marak di negara kita yakni masalah paham beragama yang berbeda antara lini sini dan lini sana. Kelompok-kelompok itu memiliki panduan kitab yang berbeda tapi sesungguhnya tujuannya tetap sama hal ini menyebabkan banyak perselisihan terjadi yang akhirnya menimbulkan kontrofersi. Tidak hanya di bidang agama saja namun juga ada di bidang politik juga yang sekarang saling mengejar posisi pertama di mata warga, padahal mereka tujuannya juga sama untuk mensejahterakan negara.

      Sifat yang sangat jarang sekali di temukan adalah mengikhlaskan dengan penuh kesabaran yang luar biasa, serta membuat pilihan lalu memperjuangkan pilihan itu pada prinsip utama manusia yang akan di kerjakannya sesuai aturan dan norma yang sedang berlaku di tempat itu. Ada beberapa kata yang saya tebalkan, itulah poinnya untuk menegaskan ketenangan dalam hidup ini. Dengan memiliki sifat ikhlas yang besar, ikhlas orang lain berbuat apa saja, kita tidak perlu iri, tidak perlu ingin menjatuhkannya, kita cukup dengan ikhlas saja. mempunyai sifat sabar yang luar biasa, maka akan membuat hati terasa tentram dan damai, walaupun ada banyak lembaga yang menyindir lembaga kita, cukup bersabar dan tunjukkan dengan prestasi bukan sekedar demonstrasi. Milikilah pilihan yang tepat agar hidupmu tidak tersesat. Dalam hal ini insting serta wawasan kita harus di jadikan luas seluas-luasnya agar bisa menerima masukan atau ilmu baru yang datang. Dengan begitu kita bisa menentukan pilihan dalam kehidupan dengan baik jika kita memiliki wawasan yang tinggi. Setelah itu memperjuangkan dengan sepenuh hati apa yang telah di pilihnya tadi, ingat perjuangan juga memperlukan strategi yang matang agar perjuangan tidak akan sia-sia saja. Dalam mengarungi kehidupan ini diperlukan prinsip yang kuat dan di pegang erat agar menjadikan kita memiliki jiwa yang tidak mudah goyah  dengan pengaruh luar yang sengaja menjerumuskan diri kita. Prinsip ini bisa berupa sesuatu ciri khas atau sikap yang positif dari dalam diri kita. Aturan dan norma itu sangat penting karena belum tentu kita bisa hidup dengan benar tanpa adanya aturan dan norma yang kita patuhi, terkadang sudah ada aturan saja masih bisa di langgar apalagi tidak ada aturan? Tempat kita berada akan memiliki budaya masing-masing sehingga sangat perlu menyesuaikan sikap di mana kita berada agar kita tidak menuai konflik dari gesekan budaya yang tidak selaras itu.

      Banyak jalan menuju bahagia namun belum tentu kita bisa tenang, padahal ketenangan hati dan jiwa sangat penting saat kita menjalani apa saja kegiatan kita nanti. Jangan pernah putus asa untuk hidup karena kehidupan ini bukan kamu sendiri, masih ada banyak orang lain yang bersama kalian sehingga mampu membuat kalian merasa tenang di samping mereka, namun jangan selalu bergantung pada teman, karena suatu saat kamu juga akan merasakan berjuang sendiri. Maka kamu bisa gunakan metode di atas tadi.

      Jangan pernah berhenti dalam melangkah menuju masa depan untuk berkarir atau menggapai impian, karena dunia ini selalu berputar terus tidak peduli siang atau malam, jika kamu berhenti maka kesempatanmu akan tergilas oleh kejamnya dunia ini. Agar dunia tidak di kecam "kejam" maka perlu tenang dan berpikir positif. Dengan selalu positif ketenangan itu akan menghampirimu. Tetap semangat kejar tujuanmu hingga sampai pada titik kemenangan.
Ketenangan Bukan Sekedar Kesenangan Ketenangan Bukan Sekedar Kesenangan Reviewed by Ubed on 6/19/2017 09:00:00 PM Rating: 5