Mahasiswa Tidak Cukup Jika Hanya Kritis, Hal Ini Wajib Kamu Miliki


Seorang mahasiswa yang masih baru atau belum mengerti lebih dalam sebenarnya seperti apa kehidupan mahasiswa yang akan kamu sandang nantinya. Kamu perlu mengetahui satu hal penting yang disebut dengan “Kritis”, yakni selalu menanyakan apa yang berlum mereka pahami dan mencari tahu asal-usul dari suatu yang dibahas. Sedetil mungkin kamu akan mencari tahu tentang suatu hal yang dibahas. Itulah yag dinamakan kritis.

Tapi apakah kamu tahu bahwa kritis bukan merupakan yang paling utama harus kamu meiliki? Ternyata sebagian besar mahasiswa menilai kritis dalam bangku perkuliahan sangatlah penting, apa sebenarnya yang membuat kalian begitu mengidamkan kekritisan itu? Nah kita akan membahas lebih mendalam tentang kehidupan pada bangku perkuliahan atau seorang  mahasiswa.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi maka setidaknya kalian harus memahami apa yang menjadi tujuan kamu kuliah dulu. Karena tujuanlah yang paling penting dalam menggapai semua impian yang kamu miliki. Dalam setiap perjuanganmu untuk menyelesaikan perkuliahanmu kamu harus memiliki tujuan yang matang dan tidak gampang goyah, jika kamu tidak memiliki suatu tujuan yang pasti maka kuliah kamu hanya akan menambah beban pikiran saja. Terlbih lagi hanya akan membuang semua uang yang kamu bayarkan untuk menyelesaikan kuliahmu.

Baca Juga : 5 Alasan Kuat Untuk Menolak Menikah Di Usia Muda

Pentingnya tujuan untuk dirimu yang sedang menjalani proses perkuliahan saat ini adalah untuk menentukan apa yang harus kamu lakukan selama kamu kuliah. Dengan memiliki tujuan maka kamu setidaknya akan berpikir sebelum melakukan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kampusmu. Jika memang kegiatan itu tidak termasuk tujuanmu maka kamu tidak begitu dipentingkan untuk mengikutinya. Namun jika itu berhubungan dengan tujuan yang akan kamu raih maka ikutilah dan menangkanlah, dalam artian buat kegiatanmu lebih hidup lagi dengan adanya dirimu yang selalu menguatkan semua anggota yang ada dalam kegiatan tersebut. Bukan masalah jika kamu tidak mengikuti organisasi BEM atau semacamnya yang ada dalam perkuliahanmu, tapi kamu harus benar-benar serius untuk membentuk suatu organisasi yang kamu gemari hingga menjadi besar dan bermanfaat. Tentunya organisasi tersebut harus tetap bertujuan yang sama dengan apa yang menjadi tujuan kamu.

Jika kegiatan yang tidak kamu sukai itu wajib bagaimana? Bagiku sihh tidak ada hal wajib jika kegiatan itu tidak ada sangkut pautnya dengan mata kuliah. Jika memang kegiatan itu bersangkutan denngan mata kuliah maka akan otomatis menjadi wajib dan mau tidak mau kamu harus mengikutinya. Nah jika tidak maka kamu wajib kritis pada momen ini. Kamu harus detil dalam menentukan tujuan dari kegiatan tersebut dan kamu harus menganalisa seberapa pentingnya kegiatan itu untuk kamu ikuti, jika memang tidak penting maka kamu tidak harus mengikutinya dan kamu lebih baik menghabiskan waktumu pada hal yang kamu sukai dan sesuai dengan tujuanmu, maka secara otomatis akan menjadikan jati dirimu seorang yang memiliki tujuan yang jelas. Tidak perlu ragu untuk membantah selagi kamu masih dalam garis kewajaran dan kebenaran.
Sifat kritis memang penting, namun jika kamu tidak memiliki tujuan yang jelas maka kritismu tidak akan ada gunanya bagi hidupmu dan masyarakatmu. Buat semuanya saja jangan pernah menjadikan perkuliahanmu sebagai momok terbesar dalam hidupmu, momok itu akan kamu senangi jika kamu memiliki tujuan yang sama dengan yang kamu sebut sebagai momok tadi.

Mahasiswa Tidak Cukup Jika Hanya Kritis, Hal Ini Wajib Kamu Miliki Mahasiswa Tidak Cukup Jika Hanya Kritis, Hal Ini Wajib Kamu Miliki Reviewed by Ubed on 10/12/2017 05:29:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar