BAHASA INDONESIA DAN SEKILAS TENTANG NEGARA KITA



Setiap hari manusia menggunakan bahasa untuk berinteraksi dengan mausia lain yang berada disekitarnya. Beda dengan hewan yang tidak menggunakan bahasa untuk berinteraksi, melainkan dengna menggunakan simbolik bunyi dan isyarat gerakan untuk menunjukkan suatu maksud tertentu, untuk itu manusia dan hewan kehidupannya jelas jauh berbeda. Hanya dongeng yang menggambarkan kehidupan hewan seperti manusia.

Bahasa sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun belum tentu semua oran gmemahami bahasa itu apa dan seperti apa makna dari “bahasa”. Ketika kita ngobrol atau sedang menunjukan sesuatu kepada orang lain selalu menggunakan bahasa yang disampaikan dengan kata yang berbentuk kalimat dan memiliki suatu makna. Seperti itulah gambaran kasarnya bahasa. Nah, sementara itu pengertian dari bahasa secara sederhana dapat diatikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas didalam hati seseorang. Dengan bahasa semua orang bisa mengerti apa maksud dari lawan bicaranya, karena bahasa memiliki sifat tersendiri untuk menyampaikan suatu makna atau maksud dari dalam hati seseorang.

Bahasa sendiri pengertiannya adalah sistem, artinya bahasa dibentuk oleh sejumlah komponen yang berpola secara tetap dan dapat dikaidahkan. Bahasa memiliki suatu lambang bunyi yang melambangkan suatu makna dari ide atau gagasan. Dengan bahasa bisa diketahui seseorang memiliki maksud yang seperti apa dan makna dari sebuah bahasa itu bersifat tetap seperti halnya “kertas” yang melambangkan suatu alat untuk menulis atau mencetak yang berasal dari serat alami dan berukuran tipis.

Bahasan juga sangat beragam sekali, terutama bahasa ayng berada dilain daerah, pulau, provinsi, bahkan negara sekaligus. Di negara Indonesia sendiri saja sudah terdapat banyak sekali bahasa yang tersebar dari sabang sampai merauke. Namun ada satu bahasa yang mampu dan wajib dipahami oleh semua orang khususnya yang berkewarganegaraan Indonesia, yakni bahasa Indonesia. Bahasa tersebut sudah menyebar diseluruh pelosok negri ini. Dengan bahasa itu pula para pahlawan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan masyarakat guna menyusun sebuah strategi perang maupun untuk berbicara dengan orang yang berada diluar daerahnya. Bahasa Indonesia ini menjadi sebuah titik tertentu yang sangat vital sekali, karena dengan bahasa Indonesia seluruh daerah yang berada dilindungan negara ini menjadi mengerti setiap apa yang disampaikan oleh presiden.

Keuntungan yang dapat diperoleh dengan satuan bahasa Indonesia ini ialah:
1. Mudahnya bahasa “Indonesia” dibanyak  kalangan
Mengapa bisa bahasa Indonesia ini menjadi bahasa yang sangat mudah sekali?? Karena bahasa Indonesia jarang memiliki kesamaan arti atau kata. Misalkan aku, artinya menunjukkan diri sendiri, kalaupun harus menjadi objek mungkin hanya “ku” saja. Bandingkan dengan bahasa Inggris, ada I, my, mine, dan lain sebagainya. Masalah ini tidak diperdalam karena hanya pengenalan saja.

2. Bahasa yang sudah dikenal banyak negara lain
Baru tahukah kamu bahwa bahasa Indonesia ernyata sangat terkenal sekali dinegara lain. Banyak negara yang mempelajari bahasa Indonesia bahkan mereka menganggapnya itu penting, yaa sepertinya disana diwajibkan gitu. Nah beberapa contoh negar yang mempelajari bahasa Indonesia ini adalah Vietnam, Austrlia, Jepang, Kanada dan masih banyak lagi sisanya.

3. Bahasa yang dibakukan
Bahasa Indonesia ini sangat simpel dan mudah sekali dipelajari. Karena bahasa ini sangat familiar tentunya bagi warga masyarakat bangsa ini. Namun banyak juga yang masihkakau atau tidak begitu mengetahui arti beberapa kosa kata yang unik. Padahal bahasa Indonesia ini sudah dibakukan sejak dulu. Maka sangat mudah sekali untuk mencari arti kata yang sedang kita cari. Tinggal beli kamus dan disitu pasti lengkap isinya, atau bisa saja sekarang diinternet sudah beredar luas dan banyak versinya kamus Indonesia online.


Begitulah sekilas bahasa yang ada di bangsa kita ini, maka pergunakan bahasa dengan bijak lagi benar. Dengan begitu kita bisa menghargai para tokohyang membangun bangsa ini menjadi seperti ini. Bahasa sangat vital jika tlah menguasainya, bahkan dalam dunia bisnis dengan mengolah bahasa saja sudah bisa menjadi aset penting suksesnya suatu proyek yang berhubungan dengan kerja sama atau berhubungan dengan banyak orang.

BAHASA INDONESIA DAN SEKILAS TENTANG NEGARA KITA BAHASA INDONESIA DAN SEKILAS TENTANG NEGARA KITA Reviewed by Ubed on 12/07/2017 06:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar