Mendekati dan Mengenali Lebih Dalam Indonesiaku


      Kali ini sahabat-sahabat kendi mari kita membuka kembali pintu ingatan kita untuk mengingat kembali indonesia negeri tempat dimana kita singgah. Mungkin bisa jadi kita lupa atau memang sudah lupa betul bagaimana negri ini bisa berdiri dan merdeka dari bangsa penjajahyang telah menguras habis harta kekayaan, martabat bangsa yang terhitung kurang lebih selama 350 tahun.
Sahabat kendi, suatu anugerah yang tuhan maha kuasa, yang memberikan anugerahnya di negara kita indonesia tercinta, yang mana indonesia mempunyai iklim tropis yang mempunyai 2 musim, kalau kita ingat pelajaran IPS di sekolahan memang negara ini letaknya secara geografis 6 derajat garis LU (lintang utara) sampai 11 derajat LS (lintang selatan), dan 97 derajat sampai 141 derajat BT(bujur timur).

      Berdasarkan letak garis geografis yakni, 6 LU dan 11 LS negri kita ini satu-satunya yang dilewati garis 0 derajat atau yang disebut juga garis khatulistiwa di wilayah benua Asia. Negri kita juga sangat strategis dimana letak negri kita ini diapit oleh benua Asia di sebelah utara dan benua Australia disebelah selatan, dan diapit juga oleh 2 samudera, samudra pasifik yang membentang mengelilingi mulai utara sampai timur wilayah negri kita dan samudera Hindia yang membentang mengelilingi wilayah negri kita dari barat sampai selatan. Begitu luas wilayah perairan negri ini karena diapit dua samudera terluas didunia yang menjadikan negri kita ini mempunyai sebutan Negri Maritim.

Baca juga artikel ini : Teknologi yang di Tinggalkan

      Tidak hanya itu kekayaan anugerah Tuhan yang dilimpahkan di negri kita tercinta ini, selain letak geografis yang sangat menguntungkan, negri kita merupakan negri kepulauan terbesar di dunia. Ada lebih kurang 17.580 pulau yang terajut indah mulai dari  ujung barat sampai ujung timur. 5 pulau besar pulau sumatera, pulau kalimantan, pulau sulawesi, pulau papua, dan jawa yang menyebar dan melindungi pulau-pulau kecil disekitarnya. Puluhan ribu pulau yang dimiliki negri kita, kita satu-satunya negri dengan kepulauan terbesar didunia.

      Letak geografis negri kita juga didominasi oleh gunung berapi yang tersebar merata di seluruh wilayah negara indonesia. Gunung api yang terbentuk karena letak negri kita yang berada di Zona Subduksi antara lempengan Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Berdasarkan ini negri kita mempunyai julukan Negri Cincin Api, berarti tidak hanya Negri Khatulistiwa saja julukan untuk negri tercinta ini. Ada 128 gunung berapi yang ada indonesia yang menjadikan negri ini menjadi negri yang subur dan melimpah hasil alamnya.

      Tidak hanya letaknya negri ini yang sangat perlu disyukuri oleh kita, tetapi juga banyak sekali kemajemukan yang ada didalamnya seperti suku, bahasa, budaya, adat, tarian, musik beserta alat musiknya dan masih banyak sekali yang lain yang ada di negri kita dan tidak lupa agama, yang bedampingan harmonis sejak dulu.

     Sahabat Kendi, Mari Jaga dan Rawat Negri yang kita Cinta ini
Menjaga keharmonisan keBhinekaan yang ada
Merawat keseimbangan dan Keindahan  alamnya


by : Rochmad
Mendekati dan Mengenali Lebih Dalam Indonesiaku Mendekati dan Mengenali Lebih Dalam Indonesiaku Reviewed by Ubed on 1/30/2017 08:33:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar