5 PAHLAWAN INDONESIA YANG GUGUR DI USIA MUDA


Bertepatan dengan peringatan 10 Nopember yang merupakan hari bersejarah bagi Indonesia yang diperingati dengan hari pahlawan seluruh Indonesia. Pahlawan yang telah gugur pantas mendapatkan doa dan acungan jempol karena sudah membela tanah air tanpa pamrih. Semangat mereka yang tidak pernah padam untuk melancarkan serangan dan berjaga siang dan malam demi kedamaian dan kemerdekaan Indonesia yang sangat kita cintai ini.

Negara yang memiliki daerah maritim serta agraris ini memiliki semangat pemuda yang menjadi pahlawan di negara ini. Banyak sekali pahlawan yang berjasa dan mengorbankan nyawanya di usia muda sehingga mereka rela tidak menikmati masa mudanya demi kemerdekaan bangsa.

1. Supriyadi merupakan Komandan Kompi Pembela Tanah Air (PETA) yang lahir di kota Blitar. Ketika melihat kekejaman romusha di jaman penjajahan Jepang beliau tidak terima akhirnya memberontak dan diduga ditangkap dan dibunuh ketika berusia 22 tahun.

2. Robert Wolter Monginisidi seorang guru yang berhenti mengajar untuk ikut dalam perang, yang pada akhirnya beliau dijatuhi hukuman mati oleh Belanda karena tidak mau diajak berunding, kala itu beliau masih berusia 24 tahun.

3. RA Kartini sosok ibu nusantara yang sangat disegani karena kekecewaannya pada budaya adat yang kala itu tidak memperbolehkan wanita sekolah lebih tinggi dari pria. Yang akhirnya beliau mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak bangsa. Beliau meninggal dunia 3 hari setelah melahirkan anaknya pada usia 25 tahun

4. Raden Inten II yang gugur dalam pertarungan melawan Belanda. Beliau berkali-kali memimpin pasukan rakyat untuk melancarkan serangan ke pasukan Belanda, beliau meninggal dalam perang di usia 24 tahun

5. Abdul Halim Perdana Kusuma yang penah mendapatkan pendidikan navigator udara di Inggris. Ketika beliau pulang ke tanah air, bergabunglah dengan pasukan pembela tanah air. Abdul Halim terbang dan mengadakan hubungan luar negri untuk mendapatkan senjata yang akan digunakan perang pasukan tanah air, namun pesawatnya jatuh di Bangkok ketika perjalanan pulang. Kala itu masih berusia 25 tahun.

Inilah 5 dari sekian banyaknya pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan RI yang bisa kita kenang saat ini. Mereka berjuang tanpa kenal lelah demi masa depan anak bangsa. Selayaknya kita yang masih hidup dan menikmati jerih payah perjuangan mereka kita harus mengharumkan nama bangsa dan jangan sampai sejarah ini terlupakan.

5 PAHLAWAN INDONESIA YANG GUGUR DI USIA MUDA 5 PAHLAWAN INDONESIA YANG GUGUR DI USIA MUDA Reviewed by Unknown on 11/10/2017 06:23:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar